Nikmati saja hujan dengan secangkir kopi hangat dan obrolan di blog ini....

Senin, 18 Agustus 2014

Anjing pun tahu



Anjingku sangat gemar menggonggong. Setiap orang yang dirasanya asing masuk ke gerbang gereja selalu ia sapa dengan gonggongan. Meskipun tubuhnya tidak terlalu besar, tapi gonggongannya cukup mantab. Selama dua tahun menemaniku, aku cukup terbantu dengan kehadirannya. Setiap kali ia menggonggong, pasti ada orang yang memasuki halaman gereja. Tapi tidak perlu takut memasuki halaman gereja karena anjingku dirantai dengan aman. Kalaupun anjingku menggonggong, anggaplah itu ucapan selamat datang darinya. Karena memang seperti itulah bahasa anjing.

Satu hal yang yang aku sukai dari anjingku adalah seolah anjingku tahu akan hadirnya hari Minggu. Setiap hari Minggu di gedung gereja diadakan ibadah pagi. Tidak seperti biasanya, anjingku ternyata diam saja saat satu demi satu jemaat memasuki gerbang gereja. Saat ibadah berlangsung anjingku hanya mendekam di bawah kursi panjang. Ia menyembunyikan gonggangannya dan berubah menjadi anjing yang manis. Setiap hari Minggu saat ibadah berlangsung, anjingku begitu hening, seolah ikut menghayati jalannya ibadah. Demikian pula saat ibadah selesai dan jemaat meninggalkan halaman gereja, anjingku tetap berdiam diri menyaksikannya hingga gedung gereja kembali sepi.

Ah, anjing pun tahu hari Minggu adalah saatnya ibadah. Anjing pun mengerti saat ia menggonggong dan saatnya harus diam. Terkadang manusia harus belajar dari anjing dan alam semesta ini. Saat seharusnya kita bekerja kita malah tidur, tapi saatnya istirahat malah bekerja. Saatnya dipersilakan berbicara malah membisu, tapi saat sebaiknya diam malah menggonggong. Anjing pun tahu kapan waktunya ibadah. Sedangkan manusia seringkali lupa untuk beribadah dan asyik dengan dunianya sendiri. Karena itu, berbahagialah kita ketika ada orang lain yang menghina kita dengan menyebut kita anjing. Karena anjing pun tahu kapan waktunya beribadah – dari pada manusia.



Terimakasih untuk GiaCinta Marescoti


yang telah memberikan Momo, anjing yang tahu waktunya beribadah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar