Nikmati saja hujan dengan secangkir kopi hangat dan obrolan di blog ini....

Senin, 18 Agustus 2014

2 x 2 GIGI




Album Gigi yang paling saya suka adalah 2x2. Album yang terbit tahun 1997 ketika Gigi digawangi oleh Armand Maulana, Dewa Budjana, Budhy Haryono dan Opet Alatas. Di album ini idealisme Gigi terlihat begitu jelas tanpa melihat sisi komersialnya. Perpaduan antara rock dengan musik tradisional tersaji di album ini.

Simak saja lagu Bumi Meringis yang menampilkan aransemen edan dari Budjana. Perpaduan gitar bolong dengan alunan orkestra mampu memberikan sesuatu yang membuat kita berdecak kagum. Belum lagi ketika Budjana menyajikan solo gitar akutik dan diikuti suara meliuk armand di tengah lagu. Benar2 jenius!

Simak pula lagu-lagu berbahaya lainnya seperti : Flamenco yang mengusung nuansa Spanyol, Kurindukan yang merupakan lagu jagoan album ini, Bronchitis-Kronis yang merupakan lagu instrumental berbahaya dari Budjana dan Buddy, serta Selamat Ulang Tahun yang mengeksplor kepolosan dari anak-anak kecil. Di album inilah keempat personel menunjukkan skill terhebat mereka. Meskipun album ini tiodak menghadirkan Thomas yang sedang istirahat, tapi musikalitas Budjana, Opet, Buddy, dan Armand benar-benar menunjukkan kelasnya. Belum lagi andil dari bassis tersohor Billy Sheehan yang mereka todong untuk memainkan solo bass di lagu Mereka dan Cry Baby mampu membuat album ini sangat menggigit.

Tapi sayangnya memang selera masyarakat belum bisa menerima idealisme mereka yang begitu tinggi. Album ini bisa dikatakan tidak laku di pasaran. Tapi bagi saya (dan penggemar musik ekstrim lain) ini adalah album yang paling berbahaya dari grup ini. Salut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar